SELAMAT DATANG DI BLOG GPKAI PAMKA JEMAAT KURIAKON WOSI MANOKWARI

PERUBAHAN HIDUP ( Galatia 2:15-21 )

Filed under: by: Unknown

Namun aku hidup, tetapi bukan aku lagi sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang didalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. GALATIA. 2:20

Ciri orang yang percaya yang hidup benar didalam Kristus yaitu, adanya perubahan hidup. Pada ayat 20, Paulus menegaskan bahwa sebagai orang percaya harus ada perubahan hidup yang nyata. Paulus juga berkata, kita harus turut disalibkan bersama Kristus supaya dapat terjadi perubahan hidup yang sesungguhnya. Karena itu kita harus bertobat supaya Roh Kudus dapat mengerjakan perubahan. Jangan tunggu sampai kita mengalami kesukaran, baru kita mau diubah oleh Tuhan. Tetapi sekaranglah saatnya bagi kita untuk meyerahkan diri agar diubahkan Tuhan secara total.

Apa yang dikatakan Alkitab tentang perubahan hidup?
1. Perubahan hidup adalah suatu keharusan.
Di dalam Matius. 9:17, Yesus berbicara tentang pertobatan atau perubahan hidup yang total, sehingga olehnya kita layak menerima urapan Roh. Perubahan itu merupakan keharusan, karena Tuhan sendiri mempunyai rancangan yang besar dibalik perubahan hidup kita.

2. Perubahan hidup menuntut suatu tekad untuk meninggalkan yang lama.
Paulus berkata, aku melupakan apa yang dibelakangku dan menyerahkan diri kepada apa yang ada dihadapnku, yaitu panggilan surgawi dalam Yesus Kristus. Yesus memperingatkan murid-murid-Nya dengan satu kalimat saja, "ingatlah kepada istri Lot." Sebuah pelajaran penting yaitu jika kita sudah meninggalkan kehidupan lama janganlah menoleh kebelakang lagi.

3. Perubahan hidup dapat terjadi,jika kita menjadikan Yesus sebagai penguasa dalam hidup ini.
Banyak orang yang berjuang dengan kekuatannya sendiri akhirnya mengalami kegagalan. Perubahan hidup terjadi bukan karena kemampuan kita. Paulus berkata, hidupku bukannya aku lagi, tetapi Kristus yang hidup didalamku, artinya Kristuslah yang berkuasa atas hidup Paulus. Kita harus tunduk kepada pengaturan Tuhan bukannya mengatur Tuhan.


Refleksi:
Perubahan hidup adalah hal yang mutlak bagi orang percaya, dan itu merupakan perintah Tuhan. Perubahan hidup akan terjadi, ketika kita menjadikan Kristus sebagai penguasa tunggal dalam hidup kita.

Dikutip dari: Buku Mujizat Setiap Hari. Oleh Pdt. Gilbert Lumoindong   

0 komentar: